Rabu, 17 Oktober 2012

Susu Menyebabkan Osteoporosis ?

Saat ini banyak informasi yang beredar di internet maupun media social seperti twitter yang menyebutkan bahwa ternyata susu sapi justru memiliki efek yang buruk untuk kekuatan tulang manusia. Apakah hal ini benar? Mari kita lihat fakta dan riset yang ada. Disebutkan bahwa susu justru menyebabkan osteoporosis/keropos tulang karena 2 hal.

Pertama : sebuah riset yang membandingkan kejadian osteoporosis di Amerika (negara dengan konsumsi susu tertinggi di dunia) dengan Mexico yang memiliki angka konsumsi susu sangat rendah. Hasil riset ini ternyata didapatkan bahwa angka osteoporosis lebih tinggi di Amerika.


Kedua: disebutkan bahwa protein cenderung mengasamkan darah dan kalsium dipakai untuk menetralisir keasaman darah tersebut. Karena sumber kalsium utama tubuh adalah tulang, maka diambil kesimpulan bahwa susu menyebabkan osteoporosis

Ada beberapa hal yang dilupakan oleh penggagas argumen tersebut

1. Osteoporosis adalah penyakit yang disebabkan oleh banyak faktor :
  • Jenis kelamin: wanita lebih mudah terkena dibandingkan pria yang menunjukkan adanya factor hormonal yang berperan
  • Umur: semakin tua, kejadian osteoporosis semakin tinggi
  • Ras : ternyata orang kulit putih dan Asia cenderung terkena osteoporosis dibandingkan ras yang lainnya
  • Riwayat keluarga: bila keluarga anda menderita osteoporosis, risiko anda semakin tinggi untuk terkena juga
  • Konsumsi kalsium yang rendah akan memudahkan terjadinya osteoporosis
  • Gaya hidup sedentary: orang dengan gaya hidup kurang olahraga mudah mengalami osteoporosis
  • Konsumsi alcohol, minuman soda dan obat seperti steroid anti inflamasi
2. Membandingkan antara populasi di Amerika dan Meksiko tidak dapat digunakan untuk menilai osteoporosis. Mengapa?
  • Seperti yang saya sebutkan, ras kulit putih memang secara genetic lebih rentan terkena osteoporosis
  • Posisi geografis. Meksiko terletak di area equator seperti Indonesia dengan paparan cahaya matahari yang lebih banyak daripada Amerika, paparan matahari ini sangat penting untuk produksi vitamin D yang penting untuk tulang
  • Gaya hidup yang berbeda. Kecenderungan orang Amerika kurang beraktifitas fisik daripada orang Meksiko merupakan factor penting terjadinya osteoporosis
  • Faktor diet : konsumsi soda yang tinggi di Ameriak dengan kandungan fosfat yang tinggi juga berperan terhadap kejadian osteoporosis
3. Bagaimana dengan argumen bahwa protein tinggi menimbulkan keasaman darah? Susu hingga saat ini adalah tambahan dari makanan dan keasaman ini tentu tidak hanya dipengaruhi susu, tapi juga oleh makanan yang lainnya tersebut.

4. Suatu jurnal yang valid dengan melibatkan 775 subjek penelitian Nutr Metab (Lond). Feb.2006; Determinants of bone mass and bone size in a large cohort of physically active young adult men. Dengan jelas membuktikan bahawa aktifitas fisik dan konsumsi susu memiliki korelasi positif dengan masa kalsium tulang, sedangkan konsumsi kafein bersifat sebaliknya.

Perlu diingat bahwa susu tidak direkomendasikan dipakai untuk menggantikan makan makanan dengan komposisi lengkap, namun susu tetap merupakan sumber kalisum yang baik buat tulang.

Apabila artikel Susu Menyebabkan Osteoporosis ? ini menurut anda menarik dan bermanfaat, jangan lupa berikan komentar anda dan share ke facebook, twitter, G+ atau ikuti lewat email anda...::) 

Tidak ada komentar: