Rabu, 17 Oktober 2012

Internet untuk Marketing Communication

Bagi yang masih bingung dengan istilah marketing communication atau kerap disingkat marcom ini adalah sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dalam membentuk brand. Istilah ini sering digunakan di perusahaan-perusahaan.

Tujuan melakukan marketing communication itu…
  • membangun dan memperkuat brand
  • meningkatkan penjualan
Dan keduanya bisa dilakukan dengan baik di internet…

Nah bagaimana kemudian penerapan marketing communication ini di internet?

Macam-macam caranya. Dari buat web, buat blog, buat fans page di facebook, twitter, dan sebagainya.


Susah?

Saya pikir tidak  juga. Contohlah misal, saya punya blog ini. Selain itu saya punya facebook.
Cara lainnya dengan lewat iklan di internet, affiliate program, SEO, email marketing, dan lainnya.

Yang harus dipahami juga di internet bukan pesan satu arah yang dibangun, tapi kita harus siap untuk berinteraksi. Pasar kita akan dengan mudah menjangkau kita. Kekuatan media internet ini yang seharusnya memang dimanfaatkan oleh perusahaan dengan sebaik-baiknya.
Tentu saja setiap kegiatan marketing communication tersebut harus diukur agar bisa diketahui efektivitasnya. Bahagianya, di internet itu sangat mudah dilakukan. Laporan dari ACTION yang kita lakukan itu bisa terukur dengan baik dengan menggunakan alat-alat di internet.

Lantas, gimana kita untuk memulainya?

Bicara soal “bagaimana” ini sudah langsung masuk ke dataran teknis. Sebelum itu, sebaiknya anda kenali dengan baik:
  • siapa pasar anda?
  • siapa pesaing anda?
  • apa kekuatan dan kekurangan anda?
  • apa peluang dan tantangannya?
  • dan bagaimana sumber daya yang anda miliki?
Kelihatan ribet? :D

Tidak ribet sebetulnya. Bagi yang bekerja di perusahaan ini biasanya wajib dilakukan. Sebab dengan begini diharapkan ACTION yang anda lakukan nanti bisa terarah, fokus, dan terpadu.
Nah mari kita balik ke soal produk (atau jasa), sebab lagi-lagi produk/jasa inilah yang hendak kita pasarkan. Seperti dalam pertanyaan di atas, penanya pasti perusahaannya punya produk/layanan yang ditawarkan. 

 Apa yang membuat produk/jasa anda itu unik? 
Dimana kelebihan produk/layanan anda itu?

Dari pertanyaan itu, anda bisa menentukan pesan inti untuk melakukan branding produk/jasa anda. Positioning-nya seperti apa.

Dan yang penting lagi selalu ingat:
  • Bagaimana produk/jasa anda itu bisa membantu konsumen?

Bisa juga dengan mengaitkannya dengan fitur produk/jasa anda. Tapi intinya yang penting selalu ingat bagaimana produk anda bisa berguna bagi konsumen. Sebab dari sana, anda tak akan pernah berhenti untuk ACTION agar produk/jasa anda itu bisa lebih baik, lebih baik, dan lebih baik.
Bagian kemanfaatan ini juga yang perlu dikedepankan dalam membangun saluran-saluran marketing communication anda di internet. Selalu ingat hal itu, agar web/blog/facebook anda bisa membantu konsumen anda.

Apabila artikel Internet untuk Marketing Communication ini menurut anda menarik dan bermanfaat, jangan lupa berikan komentar anda dan share ke facebook, twitter, G+ atau ikuti lewat email anda...::) 

Tidak ada komentar: