Minggu, 28 Oktober 2012

Nutrisi Untuk Membentuk Sixpack


Perut sixpack. Siapa yang tidak menginginkannya? 
Selain berlatih secara teratur dan intensif, faktor penting yang menentukan pencapaian goal pembentukan perut sixpack Anda adalah pengaturan nutrisi.

Apa yang Anda konsumsi setiap hari sangat mempengaruhi apakah otot perut Anda bisa berkembang dengan optimal atau justru menambah timbunan lemak yang semakin menutupi otot perut Anda. 

Berikut 6 nutrisi penting yang dapat membantu Anda mendapatkan perut sixpack. 

  1. Karbohidrat
    Tubuh Anda menyimpan karbohidrat dalam bentuk glikogen, baik di hati maupun di jaringan otot. Glikogen adalah sumber energi utama selama Anda berlatih beban, sehingga membuat nutrisi ini menjadi salah satu nutrisi kunci untuk mendapatkan perut sixpack. Konsumsi karbohidrat yang cukup akan memastikan tubuh Anda mendapatkan energi yang dibutuhkannya selama menjalani program latihan yang berat dan intensif. Contoh sumber karbohidrat yang baik untuk Anda adalah buah dan sayuran (pisang, buah beri, semangka, alpukat, jeruk, apel, brokoli, bayam, lettuce, wortel, dan lain-lain) serta oatmeal, roti gandum utuh, pasta gandum, nasi merah, ataupun umbi-umbian seperti ubi jalar, singkong, dan sebagainya.
  2. Protein
    Secara langsung bertanggung jawab untuk menumbuhkan dan menjaga jaringan otot Anda. Mengkonsumsi makanan tinggi protein akan memastikan tubuh Anda mendapatkan semua asam amino yang dibutuhkannya untuk menjalankan proses pembentukan perut sixpack. Contohnya adalah telur, daging sapi bagian sirloin atau ternderloin, ayam, ikan salmon, tuna, sarden, susu tinggi protein (whey protein), maupun protein nabati seperti kacang-kacangan, tempe, tahu, dan sebagainya.
  3. Lemak
    Selain menjadi sumber energi cadangan bagi tubuh, asam lemak esensial juga memiliki peran sangat penting dalam sel tubuh yang diperlukan untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot. Lemak juga memainkan peran penting dalam produksi hormon yang Anda butuhkan untuk menumbuhkan otot. Contoh sumber lemak sehat ini bisa berupa ikan, kacang-kacangan, minyak canola, minyak zaitun, alpukat, ataupun biji-bijian.
  4. Air
    Banyak orang yang mengesampingkan nutrisi penting ini saat pembentukan otot. Padahal air bertanggung jawab pada begitu banyak fungsi tubuh yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan otot. Jika tujuan Anda adalah untuk mendapatkan perut sixpack, kurang cairan atau dehidrasi dapat membuat pertumbuhan otot Anda terhambat. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan perut sixpack, minumlah air dalam jumlah yang cukup.
  5. Vitamin
    Sel-sel dalam tubuh kita, termasuk sel otot, bergantung pada reaksi biokimia tertentu untuk menjalankan metabolisme, pertumbuhan, dan pemeliharaan sel dengan baik. Reaksi ini sendiri pun bergantung pada vitamin tertentu untuk dapat berlangsung dengan baik. Vitamin A misalnya, selain berperan dalam kesehatan penglihatan, juga terlibat dalam produksi glikogen yang merupakan sumber energi bagi tubuh Anda. Selain itu vitamin A juga merupakan antioksidan yang berperan untuk mempercepat recovery setelah Anda berlatih intensif. Vitamin B juga merupakan vitamin yang penting untuk produksi energi dalam tubuh. Vitamin C dikenal sebagai antioksidan kuat yang penting untuk mempercepat pemulihan serta menjaga daya tahan tubuh Anda sehingga performa dan hasil latihan Anda pun akan lebih optimal.
    Vitamin D memainkan peran penting dalam penyerapan kalsium dan fosfor, yang penting untuk kontraksi otot Anda. Vitamin E juga tak boleh Anda lupakan, karena selain melindungi sel tubuh Anda dari kerusakan, juga berperan dalam meningkatkan performa latihan dan mempercepat pemulihan Anda.
  6. Mineral
    Pada dasarnya ada banyak mineral yang memiliki pengaruh besar bagi otot Anda. Kalsium, kalium, fosfor, natrium, dan magnesium penting untuk kontraksi otot Anda sehingga Anda bisa berlatih dengan maksimal. Selain itu, fosfor juga membantu metabolisme energi dari protein, karbohidrat, dan lemak. Selain itu, ada juga mineral zinc (seng) yang merupakan mineral penting untuk membantu tubuh memelihara suplai darah dengan optimal serta menjaga daya tahan tubuh. Zinc juga membantu tubuh untuk menggunakan karbohidrat, protein, dan lemak serta mempercepat recovery setelah latihan berat.
Pastikan agar pola makan Anda senantiasa terdiri dari nutrisi yang lengkap, dan dalam jumlah cukup agar impian Anda mendapatakan perut sixpack segera terwujud.

Apabila artikel Nutrisi Untuk Membentuk Sixpack ini menurut anda menarik dan bermanfaat, jangan lupa berikan komentar anda dan share ke facebook, twitter, G+ atau ikuti lewat email anda...::)

Tidak ada komentar: