Rabu, 18 April 2012

Kata Ajaib Untuk Buah Hati Anda

Setidaknya ada tiga kata magic yang dapat Anda teladankan pada buah hati Anda sejak mereka masih belia. Anda teladankan memiliki arti: Anda yang terlebih dulu mempraktekkannya pada mereka.

Jangan pernah menyuruh anak-anak melakukan sesuatu yang Anda sendiri tidak mau lakukan. Teladan Anda berbicara lebih kuat dari kata-kata Anda.

Maaf

Jika Anda ingin anak Anda meminta maaf untuk sebuah kelalaian atau kesalahan, ada baiknya Anda mulai mengajarkan dan menerapkan hal itu di rumah Anda. Minta maaflah kepada mereka jika Anda melakukan kesalahan.

Anak-anak justru akan lebih menghormati Anda jika Anda berani meminta maaf. Hal ini juga menunjukkan kebesaran hati Anda.

Biasakan mereka untuk minta maaf dengan sungguh-sungguh, bukan sembarangan minta maaf lalu melakukan kesalahan yang sama berulang kali.

Tolong

Setiap manusia menyukai kata ini. Ada unsur penghargaan yang lebih dalam kata ini. Ajarkan mereka untuk selalu meminta sesuatu dengan sopan.

Misalkan di rumah Anda ada pembantu, maka Anda bisa mengajarkan pada mereka untuk mengatakan tolong tiap kali mereka menyuruh si pembantu melakukan sesuatu.

Anda pun juga harus begitu. Hal ini mengajarkan pada anak supaya mereka tidak main perintah bahkan terhadap orang yang lebih 'rendah' kedudukannya.

Terima Kasih

Biasakan diri Anda untuk memberikan penghargaan pada anak-anak Anda. Anda tidak perlu selalu memberikan hadiah pada mereka tiap kali mereka melakukan sesuatu yang membanggakan, cukup katakan terima kasih.

Ajarkan mereka juga untuk selalu berterima kasih pada orang lain.

Anak-anak perlu diajari berulang-ulang, perlu dibimbing, perlu dilatih, dan yang paling penting mereka meneladani orang-orang terdekatnya.

Jadi jadikan mereka anak-anak ajaib dengan mengajarkan tiga kata ajaib di atas.

Anda sebagai orang tuanya pun akan mendapat kebanggaan tersendiri, jika mereka tumbuh menjadi orang-orang yang sopan dan berkarakter baik.

Suatu hari nanti mereka akan berkata "Terima kasih, Ibu" karena telah mendidikku dengan baik. Oh, indahnya! 

Apabila artikel Kata Ajaib Untuk Buah Hati Anda ini menurut anda menarik dan bermanfaat, jangan lupa berikan komentar anda dan share ke facebook, twitter, G+ atau ikuti lewat email anda...:)

Tidak ada komentar: