Kamis, 22 Maret 2012

Mengatasi dan Mencegah Kejenuhan di Kantor

Tak jarang saat asyik bekerja dan menjelang siang, mata mulai terasa berat, badan mulai lemah, konsentrasi berkurang dan sebagainya. Inilah tanda bahwa tingkat energi Anda sudah mulai menurun dan Anda merasakan kejenuhan. 

Anda tidak perlu khawatir karena ini merupakan hal yang normal. Masing-masing individu memiliki tingkat kejenuhan yang berbeda, tergantung dari beberapa faktor yang mempengaruhinya, seperti usia, makanan yang Anda konsumsi, dan tingkat aktivitas Anda. Nah, berikut ini adalah tips untuk mencegah dan mengatasi kejenuhan yang datang di saat Anda bekerja.  

  1. Cari Udara Segar. Ketika rasa malas mulai datang yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah berdiri dari kursi Anda. Luangkan beberapa menit untuk keluar dari ruangan kantor dan hiruplah udara segar, dan rasakan sensasi segarnya bagi tubuh Anda.
  2. Push Up. Cara selanjutnya, jika kebetulan atasan Anda sedang tidak ada di tempat., luangkan waktu untuk melakukan push up, atau juga melakukan latihan dips menggunakan tempat duduk Anda. Tidak usah terlalu lama, cukup 10-15 repetisi, dan tubuh Anda akan kembali segar.
  3. Tidur Sejenak. Memang tidak mungkin rasanya jika saat bekerja Anda diijinkan untuk tidur sejenak. Tapi, dengan menyisipkan waktu untuk tidur sejenak (tidak lebih dari 30 menit), konsentrasi dan kebugaran tubuh Anda akan kembali seperti semula.
  4. Dengarkan Musik. Jika Anda menyukai musik, mendengarkan musik yang bersemangat akan kembali memompa semangat dan konsentrasi Anda.
  5. Makan Buah Segar. Alih-alih memilih camilan bergula, berlemak, dan berkalori tinggi untuk meningkatkan energi Anda, lebih baik Anda mengkonsumsi buah-buahan sebagai gantinya. Kandungan vitamin dan mineral serta sensasi segar rasa buah, akan membangkitkan kembali semangat bekerja Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa malas yang datang saat bekerja. Lantas, bagaimana cara efektif untuk mencegah rasa malas itu datang?
  1. Makan Siang Seimbang. Jangan makan terlalu berat. Jika Anda ingin makan dalam porsi yang besar, perbanyaklah protein daripada karbohidrat. Konsumsi karbohidrat yang terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko diabetes dan obesitas.
  2. Tidur Cukup. Jika Anda memiliki waktu tidur yang cukup di malam hari, Anda akan berisiko mengalami penurunan energi lebih banyak dari biasanya. Tidurlah 7-9 jam tiap hari dan kurangi kebiasaan begadang.
  3. Latihan Ringan. Untuk mencegah rasa malas datang, sebaiknya Anda melakukan beberapa latihan ringan sebelum bekerja, seperti lunge, squat, dan jogging di tempat, untuk meningkatkan sirkulasi oksigen dalam tubuh Anda.
  4. Dapatkan Pekerjaan Yang Lebih Menantang. Daripada Anda merasa setengah hati dan kemudian bermalas-malasan dalam pekerjaan Anda, mungkin sudah saatnya Anda mencari pekerjaan baru yang lebih menantang.

Semoga tips sehat di atas dapat mengatasi dan mencegah kejenuhan yang Anda alami di kantor. 

Selamat mencoba!

Tidak ada komentar: