Sabtu, 31 Desember 2011

Bisnis Online yang Revolusioner

Para pemain di bisnis online sedang merevolusi bisnis web baru, kelak kita akan melihat tampilnya Google dan Microsoft yang baru dalam bentuk entitas bisnis yang berbeda yang akan muncul dari para pemain bisnis online yang sekarang sedang “hot. Kejelian mereka memberikan aspirasi bagi siapa pun dalam dunia bisnis

Berkat adanya jaringan internet yang bisa diakses di mana-mana, juga perangkat keras yang cenderung semakin murah, dan didukung oleh perangkat lunak yang berbasis open-source, saat ini dunia maya, web, sedang berevolusi dan bermutasi menjadi suatu makhluk yang sangat drastic berbeda. Kondisi ini mengarah sehingga munculnya beberapa jenis spesies bisnis yang memiliki model bisnis yang baru, dan peluang pasar yang baru. Bagaimana itu? Dan Bisnisonline apa saja yang dimaksud?

Majalah Fortune edisi elektronik bulan Januari menyorot “buzzword” yang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan untuk apa yang dituangkan dalam istilah era -- "Web 2.0" yang ada kaitannya dengan “the Next Net” – Berkat adanya para pengusaha yang brilian, para pemasar yang hebat serta para pemburu uang yang agresif, “buzzword” ini sulit didefinisikan, setelah didefinisikan, maka harus diredefinisikan terus.

THE NEXT NET BUSINESS

Saya tidak mengada-ngada dengan dengan istilah ini, namun meminjam istilah yang dibuat oleh majalah Fortune edisi elektronik bulan januari 2007. Saat ini kita berada di fase-fase awal dari apa yang disebut-sebutkan para pakar dengan istilah “the Next Net”. Istilah “The Next Net” akan menjembatani semua peralatan digital, mulai dari Komputer ke telepon selular dan ke perangkat televisi. Maksudnya adalah the Next Net akan mencirikan kemampuan untuk berinteraksi secara terus menerus dan instant dengan lebih dari 1 miliar pengguna web di seluruh dunia – bukan dengan sekadar perangkat chatting atau yang disebut instant messaging (IM), namun melalui kemampuan aplikasi instant-voice- messaging dan instant-video- messaging yang akan menjadikan email dan fitur IM menjadi perangkat yang terkesan ketinggalan zaman.

Sifat lain dari The Next Net adalah kemampuannya yang memungkinkan adanya suatu kolaborasi (collaborative) : Maksudnya adalah semua orang dari segala penjuru planet bumi dapat bekerja sama dalam mengerjakan suatu tugas, atau suatu produk dan produk atau alat tersebut dapat menjadi sempurna dengan cepat karena adanya revisi dan pengerjaan bersama-sama oleh para pakar lewat dunia online.

Era baru ini juga menciptakan suatu dunia yang tidak ada habisnya untuk berkreasi mengabungkan ini dan itu (mix and match). Siapa pun di dunia ini dengan browser apa pun, dapat mengakses gudang informasi yang luas, memolesnya, memodifikasinya dan menciptakan hal baru darinya yang diperuntukkan untuk segelintir orang atau banyak orang.

Intinya, yang dimaksud dengan “the Next Net” adalah suatu peluang yang tak berujung yang dapat digarap oleh para pengusaha yang cerdas dan kreatif serta para pemain di dunia web yang sudah mapan untuk mengambil kekayaan dari kekuatan baru dari dunia. Artinya kesuksesan mereka sebenarnya bukan dari menciptakan suatu bisnis yang benar-benar baru, tetapi lebih pada penyempurnaan bisnis yang sudah ada – lihat saja seperti Flickr, MySpace, Wikipedia – tetapi cara mereka menyempurnakannya lebih kreatif dan memukau. Siapakah mereka dan bagaimana kreatifitas bisnis mereka membuat mereka kaya dan menjadi business leader?

5 TREN KATEGORI BISNIS INTERNET

Suatu kultur baru di dunia web adalah peran serta dari para pengguna itu sendiri (consumer creation); Lihat saja munculnya media blog telah memungkinkan para pengguna menciptakan blog mereka sendiri yang sekarang sudah berjumlah hamper 30 juta blog dan dapat terjalin menjadi suatu gudang informasi yang saling terkait. Lihat saja komunitas para pencinta foto telah memungkinkan mereka memajang 70 juta foto di Flickr.com. Ya hanya dengan klik sebuahmouse, siapa pun bisa menjadi jurnalis, fotografer atau seorang DJ. Para audiens pengguna internet itu sendiri akhirnya menciptakan apa yang disebut sebagai media social. Dan itu menciptakan peluang munculnya ratusan bisnis internet yang menjanjikan di kategori bisnis social media lihat seperti yang dilakukan oleh (digg, last.fm, newsvine, tagworld, youtube)

Kemudian kategori bisnis kedua di internet yang bisa Anda perhatikan adalah kejelian dari para pendiri bloglines, eurekster, simply hired, technorati, trulia, wink yang mampu melihat kebiasaan atau keisengan orang untuk mencomot dari sana-sini dan mencampur aduk informasi dan membentuknya menjadi suatu makhluk informasi yang lain. Perusahaan di kategori bisnis ini menggunakan konten web yang sudah ada sebagai titik awal dan kemudian memodifikasinya sedemikian rupa dengan sentuhan baru.

Kategori bisnis internet yang ketiga adalah para pemain yang memanfaatkan kebutuhan dasar manusia akan pentingnya komunikasi. Saluran komunikasi konvensional selama hampir seabad menggunakan jaringan kawat tembaga. Tetapi para jenius di bidang internet berhasil mengkonversi voice call menjadi suatu paket internet yang sangat kecil yang dipancarkan secara nirkabel dan dengan menggunakan komputer yang menggunakan software khusus, mereka dapat berkomunikasi, lihat kejelian dari fonality, sIPPhone, Lotum, Vivox, dan Skype.

Jotspot, 30boxes, 37signals, writely, zimbra adalah contoh dari para pemain di kategori bisnis internet keempat yang sedang saya bicarakan di sini yang mengadopsi fungsi-fungsi komputasi destop ke dalam aplikasi web yang disebut oleh Bill Gates sebagai crucial strategic priority.

Jenis kategori bisnis internet kelima yang bakal tren ke depan juga adalah seperti yang dilakukan oleh brightcove, jigsaw, simplefeed, salesforce, sixapart. Mereka jeli dalam menawarkan web mereka sebagai suatu platform berbasis web dan memungkinkan para pebisnis lain juga memanfaatkannya untuk berkembang dan mendapatkan uang.

Kalau Anda kunjungi situs web mereka masing-masing dengan menambahkan akhiran .com Anda akan terinspirasi bagaimana kreativitas dan kejelian mereka telah membantu arah jalannya bisnis web saat ini dan ke depan serta berbagai peluang lain yang ada. Menariknya dari para pemain bisnis yang disebutkan di atas adalah belum berumur setahun dan memiliki karyawan full-time tidak lebih dari 10 orang saja. Beberapa di antaranya jelas mendapatkan uang dari bisnis online mereka, dan beberapa dari antara mereka mungkin juga gagal. Tetapi yang jelas dari antara kategori tersebut akan muncul Google atau Microsoft atau Yahoo yang baru – atau setidaknya mereka bakal diakuisisi oleh para raksasa online seperti yang sudah sering terjadi.

Tidak ada komentar: